Ini Dia Penyakit Yang Menyerang Manusia Tertinggi Di Dunia

Ini Dia Penyakit Yang Menyerang Manusia Tertinggi Di Dunia - Sultan Kosen resmi mendapatkan gelar manusia tertinggi di dunia sejak 2009. Tingginya terus naik dan bertambah dari usia 10 tahun, sampai sekarang yang sudah mencapai 251cm. Dokter mendiagnosinnys gigantisme.


Kita lebih mengenal istilah gigantisme untuk seseorang yang berpostur besar melebih ukuran manusia normal. Dalam dunia medis orang dewasa yang berpostur fisik seperti raksasa ini disebut dengan akromegali.

Seperti yang dikutip oleh CNN Indonesia, akromegali adalah gangguan hormonal yang terjadi ketika kelenjar pituitari seseorang menghasilkan hormon pertumbuhan terlalu banyak selama memasuki masa dewasa.

Ketika terjadi, tulang seseorang akan bertambah besar, termasuk tangan, kaki dan wajah. Kelainan ini biasanya terjadi pada orang dewasa setengah baya.

Pada anak-anak yang sedang tumbuh, hormon pertumbuhan terlalu banyak dapat menyebabkan kondisi yang disebut gigantisme. Anak tersebut, memiliki pertumbuhan tulang yang berlebihan dan peningkatan tinggi tubuh yang abnormal.

Gejala akromegali adalah mendengkur parah akibat terhalangnya saluran udara bagian atas, gangguan penglihatan, sakit kepala, lidah membesar, nyeri dan mobilitas sendi terbatas, siklus menstruasi berubah, disfungsi ereksi pada pria, pembesaran organ tubuh (hati, ginjal, limpa), ukuran dada melebar.

Perkembangan akromegali mengakibatkan masalah kesehatan. Diantaranya komplikasi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, osteoarthritis, dan diabetes melitus.

Komplikasi lainnya adalah pertumbuhan prekanker atau polip hidung dan usus, nafas tidak berhenti saat tidur, carpal tuneel syndrome, tumor jinak pada rahim, dan kebutaan.

0 Response to "Ini Dia Penyakit Yang Menyerang Manusia Tertinggi Di Dunia"

Posting Komentar